Berbagai Macam Barang Elektronik Dan Cara Memilihnya

Perangkat elektronik saat ini sudah banyak mengambil alih berbagai pekerjaan manusia. Dari mulai alat pencahayaan hingga berbagai produk elektronik besar sudah ada untuk memudahkan manusia dalam melakukan kerja serta mendapatkan hiburan. Barang elektronik sendiri adalah perangkat yang memerlukan energy listrik untuk mengoperasikannya.

Ada banyak jenis yang kini tercipta sebagai perangkat elektronik yang bisa dikelompokkan berdasarkan fungsinya untuk manusia. Berikut ini adalah beberapa jenis perangkat elektronik dan cara memilih sesuai jenisnya agar Anda mendapatkan alat elektronik yang bisa diandalkan untuk bekerja cukup lama.

Barang Elektronik

Perangkat hiburan.


Ada banyak sekali jenis perangkat elektronik yang tujuannya untuk memberi hiburan pada manusia, contohnya adalah:

· Televisi.
· Radio.
· Music player.
· AC.
· Home theatre.
· Dsb.

Perangkat hiburan sepertinya merupakan alat elektronik yang wajib dimiliki oleh manusia untuk memberi hiburan pada diri mereka. Satu rumah tak lengkap rasanya jika tidak memiliki televisi atau music player di dalamnya. Untuk memilih jenis perangkat elektronik ini, sebaiknya Anda membandingkannya dengan perangkat elektronik yang sama merk lain. Misalnya televisi dengan cara melihat tayangan yang sama di lokasi yang berdekatan sehingga Anda bisa melihat perbedaan warna, kontras dan kualitas suara yang dihasilkan. Begitu juga dengan alat elektronik hiburan lainnya.

Perangkat dapur.

Memasak atau menyajikan makanan kini lebih cepat dengan perangkat elektronik. Mulai dari menanak nasi, membuat sandwich, membuat juice hingga membuat kue panggang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat menggunakan perangkat elektronik dapur. Yang termasuk dari jenis ini adalah:

· Magic com.
· Oven.
· Blender.
· Toaster.
· Almari es.
· Dsb.

Cara memiliki barang elektronik jenis ini adalah dengan menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Misalnya ukuran lemari es dengan tegangan listrik yang tersedia, oven dengan cara menyesuaikan ukuran dengan cetakan kue yang sering digunakan.

Perangkat komputer.


Perangkat komputer juga termasuk perangkat elektronik yang bekerja menggunakan listrik. Yang termasuk perangkat jenis ini adalah:

· Komputer PC.
· Laptop.
· Notebook.
· Printer.
· Scanner.
· Dsb.

Cara memilihnya adalah dengan menyesuaikan spesifikasi komputer atau laptop dengan kebutuhan Anda. Misalnya jenis prosesor, besar RAM, besar harddisk, dsb. Selain itu merk pada perangkat komputer juga sebaiknya diperhatikan agar mendapatkan kualitas yang baik dan handal.

Perangkat industri.

Industri besar maupun kecil saat ini sudah banyak yang menggunakan listrik sebagai sumber energinya. Yang termasuk dalam jenis ini misalnya mesin fotokopi, mesin-mesin pabrik, mesin percetakan. Cara memilihnya adalah dengan melakukan survey terhadap produk yang sudah digunakan oleh orang lain. Dengan mensurvey ketahanannya secara langsung, Anda akan belajar dari pengalaman orang lain untuk mendapatkan produk yang awet dan handal.

Itulah beberapa jenis barang elektronik yang ada di pasaran saat ini. Dengan banyaknya jenis alat elektronik yang semakin mempermudah manusia, ada sisi positif dan negatif yang bisa didapatkan oleh pemakainya. Sisi positifnya yaitu kerja menjadi lebih mudah dan cepat dan mendapatkan hiburan yang murah meriah di rumah. Sedangkan sisi negatifnya adalah manusia menjadi tergantung akan alat elektronik dan listrik sebagai sumber energinya. Banyak manusia yang kini lupa akan bagaimana menanak nasi secara konvensional ataupun bagaimana cara membuat roti tanpa oven. Ada baiknya tetap mengajarkan hal dengan cara yang lama untuk tetap bisa mempraktekkannya saat listrik dimatikan atau saat darurat di alam liar.
SHARE

About Tri Haryadi

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar