Tips Meningkatkan Performa Mobil

Saat ini bagi sebagian orang mobil hanyalah sebuah alat transportasi biasa yang digunakan untuk pergi bersama keluarga atau hanya sekedar berangkat kerja. Namun, buat sebagian besar dari kita, penampilan mobil yang kita punya kadang masih dirasa kurang. Itu sebabnya, banyak yang memodifikasi mobil  kesayangannya biar tampil maksimal, sesuai dengan pikiran si empunya. Rupanya, hal itu juga berlaku buat sektor jeroan mobil. Nah, kamu adalah salah satu orang yang merasa performa mobil kurang sesuai dengan karakter kamu? Ini dia 4 cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan performa mobil.


1. Ganti Kenalpot

Trik mengganti knalpot merupakan trik dasar untuk meningkatkan tenaga dari mobil. Penggantian knalpot dapat meningkatkan performa hingga 15 persen, sedangkan apabila hanya mengganti header dan muffler-nya saja, hanya mampu mendongkrak performa sebesar 5 persen saja.

Tapi perlu diketahui nggak semua jenis kenalpot bisa ningkatin tenaga dan performa dari mobil dengan maksimal, kita harus menyesuaikan dengan kemampuan mobil itu sendiri, pada mobil manual ganti filter dengan yang open air, sedangkan pada mobil matik jangan diganti dengan filter open air melainkan filter replacement. Buat modifikasi kenalpot seperti ini kita harus siapin budget berkisar 500 ribu sampai dengan 3,5 jutaan.

2. Manipulasi ECU

Memanipulasi data ECU (Electronic Control Unit) standar dengan menggunakan tambahan alat yang disebut Piggyback, dapat menambah tenaga hingga 10 persen. Tapi meskipun tenaga ditingkatkan alat tersebut bisa membuat mobil nggak boros. Soalnya, Piggyback mampu menyesuaikan kebutuhan bahan bakar yang diperlukan oleh mesin. Buat nambahin alat yang satu ini kita bisa siapin budget berkisar 4,5 juta sampai dengan 6 jutaan.

3. Porting n Polish

Porting n Polish (PnP) adalah membesarkan lubang bagian atas mesin, serta bagian tersebut dihaluskan agar aliran bahan bakar dan udara lancar. Jika PnP dilakukan secara presisi atau pengukuran yang benar, efeknya adalah tarikan mesin menjadi lebih enteng, nafas mesin lebih panjang, akselerasi lebih spontan dan konsumsi bahan bakar juga jadi lebih efisien. Ini semua karena aliran bahan bakar dan udara jadi lebih lancar masuk ke ruang bakar, sehingga tenaga lebih besar dan pembakaran sempurna dan bila mobil dikendarai dengan normal bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien. Untuk pengerjaan seperti ini biasanya kita mesti siapin budget berkisar 1,5 juta sampai dengan 2 jutaan.

4. Pasang Turbo

Pasang perangkat Turbo emang tergolong kedalam modifikasi mobil yang cukup extreme. Karena, peningkatan tenaga yang dihasilkan kurang lebih bisa mencapai 50 persen. Tapi, banyak sekali pertimbangan dan perhitungan yang harus kita perhatikan saat ingin memasang perangkat yang satu ini. disarankan sebaiknya berkonsultasi dengan orang yang ahli sebelum memutuskan menggunakan perangkat Turbo di mobil kita. Untuk pemasangat Turbo membutuhkan budget yang nggak sedikit loh, sekitar 40 jutaan.

(Artikel asli : http://hai.grid.id/Feature/Automotive/4-Cara-Yang-Bisa-Kamu-Lakukan-Untuk-Meningkatkan-Performa-Mobil)
SHARE

About Eka Frasisca

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar