5 Tips Renovasi Rumah Dengan Budget Minim

Akhir tahun sudah dekan, dengan di bulan yang terakhir di thun 2017 ini apa ada rencana lain selain berlibur bersama keluarga? mungkin seperti bekerja bakti membersihkan seluruh rumah atau merenovasinya ? Anda pasti langsung terpikir anggarannya bukan jika membicarakan tentang renovasi rumah? Merenovasi rumah memang butuh biaya tidak sedikit. Apalagi jika renovasi yang Anda rencanakan juga mencakup perluasan bangunan atau menambah jumlah kamar. Faktor biaya inilah yang umumnya menjadi kendala banyak pemilik rumah. Sebenarnya ada banyak cara mudah untuk mendapatkan dana renovasi rumah. Kemungkinan yang paling dekat misalnya, Anda bisa mengandalkan bonus akhir tahun. Anda pun perlu merencanakan anggaran dana dan pos-pos pengeluaran agar anggaran tidak melebar ke hal-hal yang tidak penting.

Tips meminimalis anggaran renovasi rumah :

1. Tentukan Titik Renovasi Rumah dan Buat Skala Prioritas

Untuk menghindari pengeluaran yang melebar, Anda harus meneliti bagian mana saja yang perlu direnovasi terlebih dahulu. Kalau sudah begini, Anda harus fokus untuk melakukan renovasi rumah di bagian-bagian tersebut. Titik prioritas. Itu kata kunci agar anggaran renovasi rumah Anda tidak melebar ke mana-mana. Ini harus menjadi patokan sehingga anggaran Anda tidak melebar ke bagian-bagian yang sebenarnya tidak terlalu mendesak. Saat dihadapkan pilihan, apakah harus memperbaiki atap yang bocor atau menambah satu kamar, Anda tentu langsung tahu mana yang harus didahulukan. Pastikan Anda disiplin terhadap skala prioritas tersebut. Jangan sampai tergoda di tengah jalan untuk merambah hal lain yang tidak diperlukan. Karena kalau sudah begitu, Anda bisa mengalami overbudget.

2. Buat Rencana Anggaran Biaya (RAB) Renovasi Rumah

Agar pos-pos pengeluaran untuk renovasi rumah sesuai dengan porsinya, Anda harus membuat rencana anggaran biaya alias RAB secara cermat dan teliti. Perincilah komponen kebutuhan biaya yang meliputi biaya material bangunan, upah pekerja, dan biaya lainnya. Jangan lupa untuk menyisihkan dana untuk biaya darurat yang tidak terduga. RAB renovasi rumah harus dibuat berdasarkan jenis material dan komponen pekerjaan. Jika merasa kesulitan dalam membuat perhitungan biaya, Anda bisa berkonsultasi kepada ahlinya. Pastikan dalam pemilihan material bangunan, upah tukang atau kontraktor, dan proses renovasi selalu berpatokan pada dana yang sudah dianggarkan.

3. Manfaatkan Struktur Lama

Untuk menekan pengeluaran, sebisa mungkin gunakan struktur bangunan yang sudah ada seperti kolom, balok, dan pondasi, sehingga tidak perlu membuat baru lagi. Pembuatan struktur baru akan memakan biaya dan waktu terutama bila memakai beton.

4. Kontraktor Atau Pemborong?

a. Kontraktor untuk renovasi Besar.

Jika Anda akan melakukan perbaikan rumah dengan skala besar, sebaiknya menggunakan jasa kontraktor. Kontraktor profesional memiliki pengalaman dan keahlian dalam hal anggaran belanja. Selain itu, ia juga punya badan usaha dan domisili yang jelas, serta memberikan garansi pekerjaan. Sehingga proses pekerjaan, pembayaran, konsultasi, hingga komplain dapat direspons dengan cepat. Namun, tentunya dana yang dibutuhkan pun terbilang besar.

b. Pemborong

Jika budget terbatas dan skala renovasi yang Anda rencanakan tidak besar, menggunakan jasa pemborong adalah pilihan yang tepat karena biasanya lebih murah dibandingkan kontraktor. Namun, harus selalu diingat untuk membuat Surat Perjanjian Kontrak Kerja (SPK) guna melindungi Anda dari kecurangan yang mungkin saja terjadi.

Sistem upah borongan, Anda akan membayar besarnya total biaya upah yang telah disepakati. Kesepakatan ini juga mencakup berapa lama pengerjaan renovasi tersebut. Jadi, pada sistem upah borongan ini Anda agak sulit untuk memprediksi berapa biaya pasti jasa tersebut dan riskan penipuan. Oleh sebab itu, pastikan Anda tahu secara jelas rincian biaya material bangunan dan biaya total membangun untuk sistem upah borongan.

5. Trik Hemat Biaya Material

a. Cari material bagus harga ekonomis

Jangan mudah tergiur dengan brand ternama namun mutunya belum terjamin. Jika ingin mengetatkan budget, Anda bisa memilih produk dengan harga terjangkau kendati desainnya standar dan tidak futuristik atau modern.

b. Survei Toko Bangunan

Sebaiknya Anda survei dan mencari toko bangunan yang menawarkan harga murah namun berkualitas baik. Cobalah untuk survei di beberapa tempat untuk membandingkan toko bangunan yang satu dengan lainnya.

Sangat dilarang untuk membeli langsung bahan bangun di toko pertama yang Anda kunjungi.Kalau Anda rajin, tidak tertutup kemungkinan Anda akan menemukan toko bangunan yang memperbolehkan pembelian material secara diangsur lho. Namun Anda memang perlu mengenal lebih dekat kepada pemilik tokonya untuk mendapat kepercayaan tersebut.

c. Jangan Menyuruh Tukang!

Sebaiknya belanja material bangunan sendiri agar tahu berapa harga setiap barang secara transparan sehingga tidak perlu khawatir ditipu. Lebih baik Anda tidak menyerahkan pembelian barang kepada pekerja, tukang atau kontraktor. Sewa mereka dari segi jasanya saja, sedangkan bahan bangunan lebih baik dibeli sendiri.

Khawatirnya, jika pembelian material diserahkan kepada kontraktor, mandor, maupun tukang, maka tak jarang mereka akan mencari produk bermutu standar. Lalu saat pemilik rumah menginginkan material dengan merk unggulan, biasanya mereka akan mengenakan harga tambahan setiap meter persegi.

d. Beli Bahan Bangunan Bekas

Tidak harus selalu beli baru, Anda bisa memanfaatkan bahan bangunan bekas yang masih layak pakai untuk digunakan. Tidak perlu khawatir, bahan bekas tersebut dapat dioles dengan mengecat ulang, memoles dengan vernis atau politur hingga tampak baru. Atau, jika di sekitar lingkungan Anda ada proyek pembangunan skala besar, biasanya mereka memiliki banyak sisa bahan bangun tidak terpakai. Cobalah untuk bertanya apakah sisa tersebut bisa Anda minta atau dibeli murah.

e. Berburu diskon

Cara lain untuk dapatkan bahan bangunan murah yakni dengan berburu diskon yang ditawarkan toko material atau supermarket bangunan. Setiap cabang toko, kendati berasal dari induk yang sama, kerap memberikan diskon untuk item berbeda. Selain itu cari informasi sebanyak-sebanyaknya terkait toko yang menjual stok bahan bangunan yang tinggal sedikit. Toko yang akan menghabiskan sisa stok, biasanya akan memberikan diskon atau potongan harga yang menggiurkan. Manfaatkan celah ini.

Perlu diingat, meskipun renovasi rumah Anda dibatasi budget yang minim, bukan berarti keselamatan Anda dan keluarga dinomorduakan. Mencari bahan termurah boleh saja, tapi kualitas tetap harus nomor satu. Apalagi untuk bahan material seperti pipa, atap, fondasi, dan rangka atap. Material-material ini harus sesuai dengan standar kualitas. Selamat merenovasi, selamat memberi wajah baru pada rumah kesayangan.
SHARE

About Eka Frasisca

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar