Jangan Anggap Remeh Ternyata Olahraga Berlebihan Dapat Menurunkan Sistem Imun

Ketika menginginkan tubuh yang atletis dan sehat anda pasti memikirkan untuk berolahraga secara teratur setiap minggu tanpa terlewat. Olahraga memang sangat melekat dengan kesehatan. Namun, siapa sangka jika ternyata olahraga pun dapat membuat kekebalan tubuh melemah? Mengapa demikian ? Dari sebuah penelitian bahwa olahraga yang berlebihan dapat membuat tubuh anda merasa cepat lelah dan lebih mudah terserang penyakit, hal ini dikarenakan tubuh anda mengalami kelelahan secara fisik kemudian menurunkan imunitas sehingga tubuh anda pun menjadi rentan terhadap kuman yang menyebabkan anda jatuh sakit.


Waktu olahraga yang berlebihan bukan membuat tubuh Anda menjadi kuat atau mendapatkan bentuk yang ideal tetapi juga menyebabkan tubuh anda menjadi lemah. Masalahnya, latihan berlebihan akan mengeluarkan berton-ton endorfin dalam tubuh sehingga memicu rasa bahagia. Namun setelahnya, Anda akan merasa ketagihan berolahraga. Mengutip Metro, berikut beberapa tips untuk menghindari kecanduan olahraga tapi tetap mendapatkan manfaat menakjubkan dari latihan. 

1. Atur waktu olahraga

Olahraga yang berlebihan tentunya akan membuat tubuh mudah lelah, kelelahan yan parah juga akan memudahkan tubuh mengalami cedera seperti nyeri otot, hingga patah tulang. Tubuh yang lelah juga akan mempengaruhi perubahan mood. Sebaiknya atur waktu yang tepat untuk berolahraga. Waktu yang baik untuk berolahraga adalah dua sampai empat kali dalam seminggu dan dalam setiap sesi tidak lebih dari 45-60 menit.

2. Kurangi kemungkinan terserang flu dan infeksi

Tubuh yang sering dipaksa untuk bekerja keras akan membuat sistem kekebalan menurun. Berikan waktu yang cukup agar tubuh bisa beristirahat sampai pulih kembali. Sistem kekebalan tubuh yang menurun akan lebih mudah terserang penyakit seperti flu, batuk dan demam. Tubuh yang mengalami kelelahan juga berisiko lebih tinggi terkena infeksi ketika cuaca dingin dan itu membuat aktivitas terhambat selama 1-2 minggu.

3. Nikmati olahraga yang dilakukan

Olahraga bisa dilakukan dengan banyak cara, pilihlah cara berolahraga yang nyaman dan menyenangkan. Olahraga yang bisa dinikmati akan mengurangi risiko kelelahan. Jika tidak menikmati waktu berolahraga kemungkinan tubuh akan menderita kelelahan mental. Jika mental tidak mendorong setiap kegiatan dalam berolahraga akan menimbulkan hal negatif, dan itu menyebabkan tubuh menjadi mudah lelah baik secara fisik maupun mental.
SHARE

About Eka Frasisca

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar