Lakukan 4 Hal Ini Agar Tetap Segar dan Bugar Saat Memasuki Usia Lanjut

Semua orang memiliki kesempatan untuk hidup sehat bebas masalah kesehatan serius karena suatu penyakit, karena memang sebuah pilihan. Kalau sejak dini sudah terbiasa menjalankan gaya hidup sehat maka di usia senja akan memanen hasilnya. Memasuki usia senja di angka 40-50 tahunan memang membuat siapa saja merasakan banyak perbedaan pada tubuhnya. Umumnya akan merasa mengalami penurunan baik dari segi stamina, panca indra, dan mulai mudah pikun yang memang menjadi keluhan klasik bagi yang menua. Untuk menikmati hidup berkualitas memang penting sekali untuk memperbaiki gaya hidup, terlebih saat sudah memasuki usia senja. Beberapa kiat ini tentunya membantu Anda tetap sehat dan bugar: 


Olahraga secara rutin, 

Semua orang tentu paham manfaat olahraga sayangnya hanya segelintir yang sudi menjalankannya secara rutin. Padahal dengan olahraga inilah lansia bisa memiliki tubuh bugar dan bebas dari penyakit mematikan. Meski sudah memasuki usia senja kebiasaan baik ini tetap perlu dibiasakan, namun memilih jenis olahraga yang lebih ringan supaya aman. Misalnya rajin jalan kaki sekitar 20-30 menit setiap pagi maka tubuh akan bugar setiap saat. 

Menjalankan diet seimbang, 

Memasuki usia senja kebutuhan nutrisi yang seimbang sangat penting untuk dipenuhi secara maksimal. Menurunnya metabolisme tubuh membuat lansia perlu melakukan diet secara seimbang yakni selektif memilih santapannya. Usahakan menikmati makanan sehat dan bersih, dianjurkan diolah sendiri supaya bisa bebas dari zat-zat berbahaya dan mengkonsumsi sampah karena diolah dari bahan baku yang sudah rusak. Jangan lupa pula untuk memperbanyak minum air putih demi kesehatan metabolisme tubuh. 

Melakukan check up secara teratur, 

Pada dasarnya check up kesehatan ke sebuah klinik maupun rumah sakit baik dilakukan oleh siapa saja, bahkan sejak masih muda. sebab tindakan ini membantu memantau kesehatan tubuh secara menyeluruh sehingga bisa mendeteksi dini adanya suatu penyakit. Lansia pun dianjurkan untuk selalu rutin melakukan check up supaya bisa memahami kondisi tubuhnya. Kegiatan ini membantu mengatur pola makan sekaligus menentukan olahraga mana yang baiknya dilakukan secara teratur. Berkat tindakan ini pula lansia bisa menikmati kesehatan tubuhnya secara maksimal. 

Rajin mengasah kemampuan otak, 

Kemampuan otak semua orang memang akan mengalami penurunan seiring berjalannya waktu, apalagi jika memang jarang berpikir. Maka perlahan keahlian, ilmu, dan daya ingat akan mengalami penurunan. Paling cepat terjadi pada lansia dan untuk mencegah masalah pikun maupun gangguan pada sel syaraf lainnya maka asah kemampuan otak secara teratur. Misalnya dengan bermain sudoku, opsional lain adalah rajin mengisi TTS atau teka-teki silang. Bisa membeli tabloid khusus berisi TTS tersebut atau menunggu surat kabar di hari Minggu. 
SHARE

About Eka Frasisca

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar