Inilah Alasan Mengapa Masih Banyak Masyarakat yang Memilih Mobil Transmisi Manual

Banyak diantara masyarakat yang saat ini lebih senang menggunakan mobil matic atau kendaraan yang memiliki transmisi otomatis tersebut. Jenis yang memang cukup populer dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan ini, karena memang banyak diantara pengemudi yang menginginkan kendaraan yang mudah untuk dipakai. Bahkan jika dilihat sendiri inovasi-inovasi terbaru yang ditawarkan di pasaran untuk mobil keluaran teranyar hampir semuanya sudah memasangkan sistem transmisi yang satu ini dan meninggalkan transmisi manual.


Meskipun di satu sisi dengan menggunakan mobil matic pengendara akan dimanjakan dengan kemudahan pemakaiannya, namun tidak bisa dipungkiri jika seandainya ada banyak pula diantara masyarakat yang lebih tertarik menggunakan mobil manual ini. Tentunya bukan tanpa alasan, melainkan karena ada banyak sekali keunggulan yang ditawarkan oleh mobil transmisi manual tersebut dibandingkan dengan matic, diantaranya adalah: 

  1. Akselerasinya lebih baik, dengan memiliki kendaraan manusia sebenarnya pengemudi secara lebih leluasa dapat memainkan kopling, untuk menginjak gasnya juga demikian, bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan juga kondisi jalanan. Hal ini membuat mereka lebih mudah dalam memainkan akselerasi, agak berbeda dengan kendaraan matic, dari segi fungsinya mungkin sama, bisa dipakai untuk mengubah kecepatan dan tarikan, namun agak lemot atau kurang responsif. 
  2. Bisa melakukan teknik engine brake, teknik ini dikenal juga dengan nama mengurangi kecepatan dengan cara mengurangi gigi transmisi pada mobil, akan sangat berguna dipakai pada kondisi lingkungan yang curam, sehingga nantinya tidak hanya rem saja yang bisa bekerja secara otomatis untuk mengurangi kecepatan, karena hanya dengan mengandalkan rem tak jarang diantaranya mobil tetap turun posisinya. 
  3. Pemakaian bahan bakar juga jauh lebih irit, keuntungan lainnya yang bisa didapatkan dengan mengandalkan kendaraan manual ini adalah dalam pemakaian bahan bakar, faktanya meskipun agak ribet, namun konsumsi bahan bakar untuk kendaraan manual memang jauh lebih irit dibandingkan dengan kendaraan matic, nilainya bisa sampai 30% lebih hemat, jadi untuk Anda yang gemar touring, maka bisa mempertimbangkan membeli mobil manual. 
  4. Perawatan juga lebih mudah, faktanya banyak diantara masyarakat yang bisa melakukan pergantian beberapa komponen dalam kendaraan manual ini sendiri, tanpa harus datang ke bengkel, sebaliknya perawatan untuk mobil matic sudah pasti harus datang ke bengkel, mengingat alat yang dipakai untuk service jarang dijumpai di pasaran. Selain itu prosedurnya juga agak sulit, harus lebih rutin dilakukan. 
  5. Harganya juga jauh lebih murah, karena memang termasuk produk keluaran lama, sehingga tidak bisa dipungkiri jika seandainya dari tawaran harganya sendiri juga jauh lebih murah dibandingkan dengan jenis yang matic. 
Jadi bagaimana, tetap akan pilih mobil matic atau manual, karena masih banyak brand-brand yang mengeluarkan jenis kendaraan tersebut. 
SHARE

About Eka Frasisca

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar