Manfaat yang Bisa Dirasakan Jika Memilih Bahan Bakar yang Tepat

Bagi pemilik kendaraan bermotor tentu akan sangat teliti dalam memilih bahan bakar sehingga tidak asal tangki penuh atau asal murah. Idealnya dalam memilih bahan bakar memang perlu disesuaikan dengan spesifikasi dari motor itu sendiri, dan mobil pun demikian. Perlu melirik oktan dan RON sebuah bahan bakar baru kemudian memilihnya sebagai teman untuk menghidupkan motor kesayangan. Kesalahan dalam memilih bahan bakar bisa memberi dampak yang merugikan, sehingga Anda harus sangat teliti agar bebas kesalahan tersebut.


Meskipun sepeda motor merupakan kendaraan milik sejuta umat karena harga yang lebih ekonomis, namun tetap usahakan dirawat dengan baik. Salah satunya memberikan bahan bakar yang sesuai dan kalau sudah tepat beberapa manfaat ini akan dirasakan: 
  • Konsumsi bahan bakar lebih irit, 
Ketika memakai bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi nantinya proses pembakarannya akan memakan waktu lama. Namun justru berdampak baik bagi kesehatan mesin motor, apalagi dengan sifat seperti ini nantinya membuat bahan bakar lebih irit. Tidak menutup kemungkinan sekali ke pom bensin bisa bertahan sampai lima hari atau lebih. 
  • Sistem pembakaran bebas sampah, 
Sepeda motor dua tak memang sudah tidak lagi diperbolehkan melintas di jalan raya, sehingga mayoritas sudah memakai motor 4 tak. Meskipun mesin 4 tak membuat proses pembakaran lebih baik namun kalau pemilihan bahan bakarnya keliru tetap saja akan menghasilkan asap knalpot yang pekat dan suaranya lebih bising. Maka selalu gunakan bahan bakar dengan oktan tinggi supaya pembakarannya sempurna, tangki bensin dan semua komponen pembakaran akan bersih dari sampah. 
  • Suara mesin senantiasa halus, 
Oktan yang lumayan tinggi pada bahan bakar berkualitas membuat proses pembakaran pada kendaraan bermotor kian sempurna. Selain mengurangi asap knalpot supaya ujung knalpot tidak lagi mengeluarkan asap berwarna putih keabu-abuan. Nantinya juga membantu menjaga suara mesin motor lebih halus, meskipun sudah beberapa tahun dipakai wira-wiri suaranya sehalus motor baru keluar dari dealer. Berbeda kalau Anda malah membeli bahan bakar yang oktanya rendah, sehingga suara motor semakin berisik karena beberapa komponen di sistem pembakaran mudah aus. 
  • Busi dan komponen pembakaran lainnya lebih awet, 
Merawat sepeda motor ternyata tidak cukup hanya rajin mencucinya dan rajin menyambangi bengkel untuk melakukan service. Anda pun perlu memikirkan untuk memilih bahan bakar yang tepat, sebab membantu menjaga daya tahan motor tersebut. Sebab ketika proses pembakarannya berjalan dengan mulus dan bebas ampas atau sampah otomatis komponen di sistem pembakaran akan lebih awet. Contohnya adalah pada busi yang ketika memakai bahan bakar yang bagus dijamin tidak mudah soak, Anda pun bisa nyaman berkeliling naik motor.
SHARE

About Eka Frasisca

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar